Tuhan Tidak Memandang Rupa Tapi Hati

LEMBAH SUFI - Wahai manusia, kematian akan mengungkap segala rahasiamu, kiamat akan membuat usang semua ceritamu, azab akan mencabik-cabik rahasia-rahasiamu. Jika kau melakukan dosa, janganlah kau lihat kecilnya dosa itu, tetapi lihatlah kepada siapa kau berbuat durhaka

Bila kau dianugerahi rezeki yang sedikit, maka janganlah kau lihat sedikitnya, tetapi lihatlah siapa yang telah memberimu rezeki

Janganlah kau meremehkan dosa kecil karena kau tidak tahu dosa apakah yang kau lakukan. Jangan pula kau merasa aman dari tipu daya-Ku sebab tipu daya-Ku lebih samar bagimu dibanding langkah kaki semut di atas Bukit Shafa pada malam hari yang gelap 

 

Tuhan Tidak Memandang Rupa Tapi Hati

Hai manusia, apakah kau berbuat durhaka terhadap-Ku, lantas ingat akan murka-Ku? 

Apakah kau telah meninggalkan apa yang Aku larang? Sudahkah kau tunaikan kewajiban dari-Ku sebagaimana yang Aku perintahkan?

Apakah kau telah menghibur orang-orang miskin dengan hartamu? Sudahkah kau berbuat baik terhadap orang yang berbuat buruk kepadamu?

Apakah kau telah memaafkan orang yang berbuat zalim terhadapmu? Apakah kau telah menyambung silaturahim dengan orang yang memutuskanmu?

Sudahkah kau memaafkan orang yang berkhianat kepadamu? Apakah kau telah menyapa orang yang tidak mau bicara denganmu?

Apakah kau telah mengajarkan tata krama kepada anakmu? Apakah kau telah membuat ridha tetanggamu? Apakah kau telah bertanya kepada ulama tentang urusan agama dan duniamu?

Sungguh, Aku tidak melihat bentuk rupamu, tetapi Aku melihat hatimu. Aku akan ridha terhadap sifat-sifat ini dalam dirimu (Hadits Qudsi)

0 Response to "Tuhan Tidak Memandang Rupa Tapi Hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel